Saturday, April 21, 2012

Bahasa Itu Penting!



Bahasa perlu dilestarikan. Jangan kita memiliki anggapan bahwa melestarikan budaya itu, melestarikan bahasa itu hal remeh temeh yang tidak perlu diperhatikan. Tentu saja, bahasa kita adalah Bahasa Indonesia. Itu harus jaga dan dilestarikan. Bahkan, lihat saja perkembangan bahasa kita yang begitu cepat

Tapi adalah juga penting bagi kita untuk melestarikan bahasa daerah kita masing-masing. Negeri kita ini mungkin termasuk salah satu dari antara Negara-Negara yang paling kaya akan bahasa. Dari  Sabang sampai Merauke, ada ribuan bahasa yang kita punyai. Itu asset bernilai yang harus terus dijaga. Kita memang kaya akan bahasa, belum lagi aksen, logat yang kita miliki.

Di Amerika, mereka cuma punya satu bahasa “asli”, yaitu bahasa Inggris. Walaupun ada banyak foreign language yang sering digunakan seperti France, Spanish, Chinessee, Africanesse dan masih banyak lagi, tapi bahasa orang Amerika sendiri hanyalah Inggris. Yang membedakan mereka hanyalah aksen dari setiap Negara Bagian (propinsi).


Menurut Guinness, ada sekitar kurang lebih 25 bahasa di dunia ini yang sudah amat langka, diantaranya adalah enam North American Indian, dimana tidak ada lagi yang bisa mengartikan bahasa tersebut karena tinggal satu peengguna bahasa itu yang masih hidup.
Kemudian juga ada wanita bernama Marie Smith dari bagian selatan Alaska, perempuan ini adalah satu-satunya penduduk disana yang masih bisa berbicara dengan Alaskan Indian – Eyak. Di Negara pecahan Soviet, Georgia hanya tinggal 20 orang yang masih bisa berbicara Ubykh dari keluarga Nakh.

Nah, apakah sekitar 10 atau 20 atau 40 tahun kedepan, bahasa daerah yang kita miliki masih bisa terpelihara ? Mudah-mudahan…masih ada yang bisa berbicara dengan Bahasa Padang, atau Batak, atau Manado atau Aceh. Mudah-mudahan masih ada yang bisa mengerti “Oh reke yaku. Tetengkoren niako, napukule kaluar embentut” untuk penduduk pedalaman di Minahasa sana.

Bahasa itu penting bagi dunia kesejarahan kita, budaya dan wisata, ilmu pengetahuan dan tentu saja sebagai asset bangsa.
Mari kita jaga budaya kita dan mari kita jaga bahasa kita.

Gesundheit!

http://bahasa.kompasiana.com/2011/07/13/hati-hati-berbicara-dengan-native-american/

No comments: