Wednesday, December 12, 2012

Thomas Edison dan Kota Edison, di Amerika Serikat

Thomas Edison dan Kota Edison
Saya tinggal di Kota Edison, New Jersey Amerika Serikat cukup lama. Edison ini adalah sebuah kota kecil dengan penduduk tidak melebihi 100.000 orang. Kota ini masuk di lingkup kecamatan yang memiliki nama unik, Kecamatan Middlesex. Percaya atau tidak, ternyata di New Jersey sendiri, entah mengapa, terdapat beberapa kecamatan yang berbau ‘sex’ dari segi penamaan. Sebut saja, selain Middlesex ada juga Kecamatan Essex, dan Kecamatan Sussex. Selain di NJ, Sussex County ada juga di Negara bagian Delaware.
Tapi kali ini, saya tidak akan membahas mengenai semua nama yang ‘ngesex’ tersebut. Justru saat ini saya ingin mengupas sedikit tentang kota di mana saya tinggal bertahun-tahun itu. Apalagi kalau bukan Edison. Kita semua mungkin sudah tahu betul tentang Thomas Alfa Edison, seorang penemu besar. Nah, ternyata asal muasal pemberian nama Kota Edison ada sangkut pautnya dengan si Edison sang penemu itu. Mari kita maju lebih jauh untuk mengenal Kota Edison, dan Thomas Edison.
Kota Edison pertama kali dideklarasikan pada 17 Maret 1987, oleh keputusan DPRD setempat. Kota kecil ini terbentuk dari bergabungnya sebagian kota Piscataway dan sebagiannya lagi dari Kota Woodbridge, yang keduanya berbatasan langsung dengan Kota Edison. Kita mungkin menyebut hal itu sebagai pemekaran. Lantas kenapa diberi nama Edison? Oleh karena Thomas A. Edison memiliki laboratorium utama, pertama, dan terbesar untuk segala macam penelitiannya di Menlo Park, Edison ini. Untuk penghormatan kepada beliaulah maka namanya diabadikan sebagai nama kota itu.
Kota Edison, walaupun kecil tapi pernah masuk dan terpilih sebagai salah satu dari 10 kota terbaik untuk ditinggali. Edison juga masuk sebagai salah satu dari “America’s 10 Best Places to Grow Up” oleh U.S. News & World Report. Penilaian tersebut didasari pada seberapa kurang tingkat kejahatan di setiap kota yang dinilai, sebaik dan sekuat apa sekolah-sekolah dan pendidikan yang ada, taman-taman hijau terbuka, dan banyaknya tempat-tempat rekreasi. Kalau untuk itu semua, saya juga pasti akan mengamini bahwa Edison memiliki kriteria-kriteria tersebut, dengan ‘nilai’ yang sangat bagus.
Di kota inilah juga tinggal berbagai macam orang dari belahan dunia bernama Asia. Kota ini jelas-jelas didiami begitu banyak orang Asia termasuk Indonesia. Di sinilah main centers of Asian American cultural diversity. Menurut sensus penduduk tahun lalu, tidak kurang dari 28-30% penduduk Kota Edison adalah orang-orang India atau yang sudah menjadi Indian-American. Ini tentu saja menjadikan Edison sebagai kota yang memiliki presentase penduduk dari ras Indian-American tertinggi di seluruh Amerika. Total seluruh penduduk Asian-American di Kota Edison menurut hasil sensus yang lalu adalah sebesar 43,2%. Walikota Edison tahun 2006-2009 bahkan berasal dari Asia juga yaitu Jun Choi, asal Korea.

Mengintip Sedikit Tentang Thomas Edison
Pada tanggal 11 Pebruari 1847, seorang bayi mungil lahir di Kota Milan, Ohio Amerika Serikat. Orang tuanya menamai bayi tersebut Thomas. Mereka kemudian pindah dari Ohio ke Michigan. Di sanalah Thomas bertumbuh dan berkembang. Tapi, masa kecil Thomas tidak selalu bagus. Pernah sewaktu kecil Thomas hanya sempat mengikuti sekolah selama 3 bulan. Keputusan gurunya Thomas yang tidak membolehkan ia belajar di sekolah membuat ibunyalah yang harus mengajar Thomas kecil di rumah. Menurut catatan, di sekolah Thomas adalah murid yang paling tertinggal. Bahkan ia dianggap murid yang tidak punya bakat sama sekali.
Tapi ada hal mendasar, yang mungkin tidak dipunyai murid-murid lainnya, yang dimiliki Thomas. Apa itu? Keingintahuannya yang amat dalam terhadap sesuatu. Yang tentu saja diikuti keinginannya untuk mencoba. Ini menjadi kelebihan Thomas yang amat menonjol. Karena rasa ingin tahunya yang dalam dan luar biasa besar, masa kecilnya akhirnya mulai diisi dengan mencoba ini dan itu, hewanpun pernah disembelih dan dibedah untuk memuaskan rasa ingin tahunya.
Dan apa jadinya kemudian? Anda bisa bayangkan sendiri. Pada usia sebelas tahun Edison membangun laboratorium kimia sederhana di ruang bawah tanah rumah milik ayahnya. Sesuatu yang teramat sangat langka terjadi di zaman kita saat ini. Zaman yang katanya sudah sangat maju dan modern. Anak seusia dia, di zaman kita ini mungkin masih akan sibuk dengan permainan, main-main, dan sekedar main. Apa hasil dari keseriusan Thomas kecil? Setahun setelah mendirikan laboratoriumnya, Thomas lalu berhasil membuat sebuah telegraf yang meskipun bentuknya primitif tetapi bisa berfungsi. Itulah titik awal lompatan besar Thomas, sang penemu itu.
Melakukan percobaan dan penelitian membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagaimana Thomas mengakalinya? Pada usia dua belas tahun Thomas bekerja sampingan sebagai penjual koran dan permen. Luar biasa. Ia juga dengan pintarnya meminta ijin pihak perusahan kereta api, tempat ia biasanya menjual koran dan permen, agar supaya ia dapat membuat lab kecil di salah satu gerbong. Nah, di situlah ia melakukan percobaan serta tempat ia membaca banyak buku.
Ketika terjadi perang saudara di Amerika, Thomas pun mengambil ‘keuntungan’ di balik peristiwa itu. Di mana ada peluang, di situ ada uang, barangkali seperti itu cara berpikir Thomas. Lantas apa sih yang ia buat? Oh, ternyata Thomas membeli sebuah alat cetak tua seharga 12 dolar, lalu ia sendirilah yang menulis serta mencetak berita tentang perang saudara itu di koran miliknya. Koran yang ia beri nama “Weekly Herald” itu adalah koran pertama yang dicetak di atas kereta api. Lalu berrapa keuntungannya? Lumayanlah untuk ukuran saat itu, dan oleh anak sekecil itu. Oplahnya mencapai 400 eksemplar sehari.
Tahun 1868 Thomas menemukan sistem interkom elektrik. Ia juga mendapat hak paten pertamanya untuk alat electric vote recorder, akan tetapi rupa-rupanya tidak ada yang tertarik membeli temuannya tersebut. Penemuan pertamanya yang bersifat komersial adalah pengembangan stock ticker. Edison menjual penemuaannya ke sebuah perusahaan dan mendapat uang sebesar 40000 dollar. Uang ini digunakan oleh Edison untuk membuka perusahaan dan laboratorium di Menlo Park, New Jersey. Di laboratorium inilah ia menelurkan berbagai penemuan yang kemudian mengubah pola hidup sebagian besar orang-orang di dunia. Dari Kota Edison inilah si Thomas Edison akhirnya terkenal seantero dunia.
Suatu ketika saya sempat masuk, mengambil gambar dan berdiskusi lama dengan penjaga Thomas Alfa Edison Museum di Kota Edison. Museum ini tidak terlalu besar. Bahkan menurut saya kurang representatif untuk ukuran menghargai penemu besar sekelas Thomas Edison. Saya sempat melihat dari dekat phonograph temuan pertamanya Thomas Edison. Di samping itu ada juga contoh beberapa temuannya yang gagal. Balon lampu yang pecah-pecah dan terlihat hangus. Ada juga tulisan-tulisan tangannya yang penuh coretan pembetulan rumus-rumus penemuannya yang salah.
Thomas Edison mencurahkan seluruh tenaga, waktu, dan pikirannya untuk membuat lampu pijar. Ia sudah menghabiskan uang tidak kurang dari 40.000 dollar dalam kurun waktu dua tahun. Angka 40.000 dollar pada masa itu adalah angka yang sangat ‘wow’ alias fantastis. ‘Hanya’ untuk percobaan membuat lampu pijar. Kendala pada saat itu, dalam setiap uji coba Thomas adalah lampu yang berpijar akan menyebabkan balon lampu itu terbakar. Nah, ia berusaha menemukan bahan yang bisa berpijar ketika dialiri arus listrik tetapi tidak terbakar. Bayangkan saja, ada sekitar 6000 bahan yang ia uji cobakan. Ia mengalami tidak kurang dari 9000 kali kegagalan! Tapi seperti pepatah orang bijak yang berkata, “Usaha dan kerja keras yang engkau lakukan dengan sungguh-sungguh tidak akan kembali dengan sia-sia”, demikian pulalah Thomas Edison. Tepat tanggal 21 Oktober 1879 lahirlah lampu pijar listrik pertama yang bertahan untuk terus menyala selama 40 jam.
Thomas Alfa Edison: “Saya sukses, karena saya telah kehabisan apa yang disebut kegagalan”

Masih banyak hasil karya beliau, tapi tak mungkin saya membeberkannya di sini satu demi satu. Tulisan ini, hanyalah bermaksud, setidaknya mengingatkan kita tentang sejarah orang-orang yang sudah berjasa besar bagi kehidupan kita saat ini. Bukankah orang yang mau mengingat dan menghargai sejarah, adalah juga orang-orang yang nantinya akan sanggup meninggalkan catatan sejarah, untuk dikenang generasi-generasi yang akan datang.
Akhir kata, setelah tahun 1920-an kesehatan Thomas Alfa Edison semakian memburuk. Badannya tua dan renta dimakan usia. Sang penemu inipun akhirnya meninggal dunia pada tanggal 18 Oktober 1931 di usianya yang ke 84 tahun. Lelaki yang berkreasi di Menlo Park, Kota Edison, NJ ini memperoleh nama panggilan “the Wizard of Menlo Park”. Dan, ‘The Wizard’ itu memang sudah meninggal. Tapi, ia juga bukan hanya meninggalkan karya besar untuk dinikmati Kota Edison, lebih dari itu, karyanya sudah dan akan terus dinikmati kita semua. —Michael E. Sendow—
***
“Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat. Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras”—Thomas A. Edison

No comments: